Harga Batu Kali Lengkap Terbaru Januari 2018

Harga Batu Kali Untuk Pondasi Rumah – Batu kali adalah bongkahan batu yang umumnya memiliki ukuran yang tidak beraturan dan bisa didapatkan dari sungai ataupun gunung. Batu kali merupakan salah satu bahan bangunan yang sangat penting dalam membangun sebuah rumah ataupun bangunan yaitu sebagai pembuatan pondasi rumah atau bangunan. Batu kali ini dipasang bersama mortar (campuran semen, pasir, dan air) sebagai kontruksi awal untuk pembuatan dinding rumah. Batu kali juga termasuk bahan bangunan yang tahan terhadap kondisi lingkungan seperti panas dan hujan, sehingga sampai sekarang ini penggunaan batu kali sebagai pondasi rumah masih belum tergantikan dengan bahan buatan.

Bentuk, Jenis dan Ukuran

Bongkah menjadi ciri utama dari batu kali. Batu kali ini juga biasa digunakan untuk pondasi rumah. Meskipun begitu, selain bongkahan tersedia juga batu kali lempengan. Bentuk dan ukurannya  umumnya tidak teratur. Lempengan batu ini biasa digunakan untuk lapisan dinding atau lantai. Bentuk dan ukurannya yang tidak beraturan tentu saja membuat proses pemasangan menjadi sulit, sehingga membutuhkan tukang yang ahli agar hasilnya bisa rapi.

Bahan Pembuatan

Batu kali ini terbentuk secara alami, sehingga manusia pun juga tidak akan bisa membuatnya sendiri.

Proses Pembuatan

Batu kali termasuk jenis batuan sedimen. Batuan endapan (batuan sedimen) ialah batuan yang terbentuk dari proses pengendapan (sedimentasi). Terbentuk melalui tiga cara utama yaitu pelapukan batu lain (clastic), pengendapan (deposition), karena aktivitas biogenik dan pengendapan (precipitation) dari larutan.

Keuntungan dan Kerugian

Batu kali biasanya digunakan untuk bahan pondasi. Berikut ini adalah keuntungan dan kerugian pondasi dari batu kali.

Kelebihan Pondasi Batu Kali :

  • Pelaksanaan pondasi yang mudah
  • Waktu pengerjaan pondasi jauh lebih cepat
  • Biaya pelaksanaan yang jauh lebih murah, apabila menggunakan batu kali (batu mangga)
  • Batu pecah lebih mudah didapatkan (untuk daerah pulau jawa)

 Kekurangan Pondasi Batu Kali :

  • Di daerah-daerah yang tertentu batu pecah lebih sulit untuk didapatkan, namun dapat digantikan dengan batu kali
  • Membuat pondasi ini membutuhkan cost atau biaya besar, jika menggunakan batu pecah
  • Pondasi ini tidak dianjurkan untuk rumah yang bertingkat dua atau lebih