Cara Menghitung Volume Pondasi Dengan Tepat

Selamat datang di situs kami yang memberikan berbagai informasi paling update berkaitan dengan perkembangan harga property / bahan bangunan di daerah, Cara Menghitung Volume Pondasi Dengan Tepat.

Cara Menghitung Volume Pondasi Batu Kali – Bagaimana cara menghitung volume pondasi dengan matang? Berada pada bagian paling dasar, pondasi sendiri berfungsi untuk menopang berdirinya suatu bangunan. Oleh sebab itu, kekuatan pi dasi juga berpengaruh besar pada tingkat kekokohan, keamanan serta keawetan bangunan yang berdiri tegak di atasnya.

Dalam pembuatan pondasi sendiri, kita harus memperhitungkan aspek-aspek yang terkait dengan pembangunan dengan matang. Diantaranya adalah volume dari pondasi yang akan dibuat. Ini bertujuan supaya proses pembuatan pondasi dapat berjalan efektif.

Kali ini kita akan bahas mengenai cara menghitung pondasi batu kali atau yang biasa digunakan untuk dudukan rumah tinggal, struktur dinding penahan ataupun konstruksi yang lain. Pada umumnya perhitungannya menggunakan sistem volume m³, maka dari itu kita harus tahu total panjang dari pondasi serta luas penampangnya, yang dari luas penampang dikalikan panjang pondasi tersebut lah kita dapatkan jumlah m³. Berikut pembahasannya:

Melihat Gambar Denah Pondasi Untuk Menghitung Panjang Pasangan Batu Kali

Panjang sisi tepinya adalah A+H+C+K = 5+12+5+12 = 34m

Panjang pondasi sisi tengahnya adalah B+C+D+E+F+I+J = 5+2,5+2,5+2,5+2,5+7,2+1,5 = 23,7m

Perhitungan Pondasi Batu Kali Tepi Bangunan (Batas Tanah Dengan Tetangga)

Luas penampangnya adalah {(0,6m + 0,3m)/2} x 0,4m = 0,18m²

Pada gambar potongan diatas bisa kita lihat bahwa pasangan batu kali memiliki bentuk trapesium, jadi luasnya bisa kita hitung menggunakan rumus jumlah panjang sisi sejajar dibagi dengan dua lalu kalikan dengan tingginya.

Jumlah panjang pada pondasi sisi tepinya adalah A+H+C+K = 6+12+6+12 = 34m

Jumlah volume pada pondasi sisi tepinya adalah 0,18m² x 34m = 6,12m³

Perhitungan Pondasi Batu Kali Sisi Tengah Bangunan

Luas penampangya adalah {(0,6m + 0,3m)/2} x 0,4m = 0,18m²

Cara menghitungnya adalah dengan menggunakan luas penampang trapesium.

Jumlah panjang pada pondasi sisi tengahnya adalah B+C+D+E+F+I+J = 6+2,5+2,5+2,5+2,5+7,2+1,5 = 23,7m

Jumlah volume pada pondasi sisi tengahnya adalah 0,18m² x 23,7m = 4,2,66m³

Jadi, total dari volume pondasi batu kali yang ada di gambar denah rumah diatas adalah 6,12m³ + 4,266m³ = 10,386m³

Dalam menghitung kebutuhan bahan bangunan yang digunakan pada pemasangan pondasi batu kali perbandingan campuran adukannya adalah 1 semen, 4 pasir dapat dilakukan dengan mengalikan volume m³ dengan analisa harga satuan pekerjaannya.

Perhitungan Volume Pondasi

Karena pondasi bangunan berbentuk balok memanjang, maka volumenya bisa dicari dengan menghitung luas penampang dan dikalikan panjang pondasi tersebut. Umumnya ada dua bentuk penampang pondasi, yakni persegi dan trapesium.

Untuk volume pondasi dengan penampang persegi dapat dihitung dengan mencari luas penampangnya terlebih dahulu. Lalu luas penampang dikalikan dengan panjang. Atau mudahnya bisa memakai rumus:

Volume = Panjang x Luas Penampang = Panjang x (Lebar x Tinggi)

Sementara penampang trapesium menggunakan rumus:

Volume = Panjang x {(Sisi Sejajar a + Sisi Sejajar b) x tinggi / 2}

Contoh Soal 1

Yusuf berniat membangun pondasi untuk rumah di Bali. Ia memilih penampang persegi dengan ukuran panjang 40 m, lebar 50 cm, dan tinggi/kedalaman 2 meter. Berapa volume pondasi rumah Yusuf?

Diketahui :

1). Pondasi rumah Yusuf berpenampang persegi.

2). Pondasi rumah Yusuf berukuran panjang 40 m, lebar 50 cm = 0,5 m, dan kedalaman 2 m.

Jawab :

– Volume pondasi rumah Yusuf = panjang x luas penampang = panjang x (lebar x kedalaman) = 40 x (0,5 x 2) = 40 x 1 = 40 m3.

Contoh Soal 2

Pada saat yang sama, Joko juga hendak mendirikan rumah mewahnya di Lombok yang ditopang oleh pondasi berpenampang trapesium dengan ukuran panjang 100 m, lebar atas 50 cm, lebar bawah 1 m, dan tinggi/kedalaman 3 meter. Berapakah volume pondasi rumah Joko?

Jawab

– Volume pondasi rumah Joko = panjang x luas penampang = panjang x { (sisi sejajar a + sisi sejajar b) x kedalaman / 2} = 100 x { (0,5 + 1) x 3 / 2} = 100 x 2,25 = 225 m3.

Tag:

cara mencari e di perhitungan pondasi,cara menghitung rab pondasi panjang 40m